Selasa, 20 Maret 2018

Error Saat Membuka Aplikasi Siskeudes

Aplikasi Siskeudes adalah aplikasi keuangan desa yang portable dan bisa dibuka di komputer/laptop asalkan Ms. Office (Ms. Access) sudah terinstall  di laptop/komputer tersebut. Jadi di saat kita menggunakan perangkat (laptop/komputer) baru, kita hanya perlu memindah folder aplikasi Siskeudes dan bisa langsung menggunakan aplikasi tersebut tanpa harus menginstall terlebih dahulu.
Pengalaman saya pribadi setelah install ulang laptop, dan membuka aplikasi siskeudes yang sudah saya backup filenya terlebih dahulu, muncul pesan error saat saya membuka aplikasi siskeudes tersebut.
Pesan Errornya seperti ini: 
[Microsoft][ODBC Microsoft Access Driver] '(Unknown)' is not a valid path. Make sure the path name is spelled correctly and that you are connected to the server on which the file resides.
     Saya pikir awalnya yang bermasalah adalah perangkat (laptop) yang saya gunakan, karena beberapa kali laptop yang saya gunakan sedikit bermasalah. Coba install Ms. Access 2003 yang ditambahkan saat pelatihan Siskeudes dulu, hasilnya masih tetap sama.
     Coba googling kesana kemari hasilnya juga sama, sampai sedikit bertanya kepada teknisi Siskeudes saat pelatihan dulu. Beliau bilang "nggak masalah asalkan aplikasi bisa digunakan seperti biasanya". Lalu saya teringat file config.ini yang saat pelatihan dulu harus dihapus terlebih dahulu sebelum menggunakan aplikasi siskeudes di perangkat yang baru. Bismillah saya coba hapus file config, buka aplikasi siskeudes, pilih database yang akan digunakan, dan jreng jreng . . . hasilnya tidak ada pesan error yang muncul seperti di atas. Alhamdulillah . . .

Semoga bermanfaat . . .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Detective Conan Season 28

  Musim kedua puluh delapan dari anime Case Closed disutradarai oleh Kenji Kodama dan Yasuichiro Yamamoto dan diproduksi oleh TMS Entertainm...