Kamis, 19 Maret 2020

Parasite (2019)

Parasite (Hangul: 기생충RR: Gisaengchung) merupakan film cerita seru komedi hitam Korea Selatan yang disutradarai, diproduseri, dan ditulis Bong Joon-ho bersama Kwak Sin-ae dan Jang Young-hwan yang memproduseri film ini serta Han Jin-won yang juga menulis naskah untuk film ini. Film ini dibintangi Song Kang-ho, Lee Sun-kyun, Cho Yeo-jeong, Choi Woo-shik, dan Park So-dam.
Film ini ditayangkan perdana di Festival Film Cannes ke-72 pada 21 Mei 2019, yang menjadi film Korea Selatan pertama yang memenangi Palme d'Or dan film pertama yang menang dengan suara bulat setelah Blue Is the Warmest Colour pada tahun 2013. Film ini kemudian dirilis di Korea Selatan oleh CJ Entertainment pada 30 Mei 2019. Film ini meraih kritikan positif yang luar biasa, dan sering kali digadang-gadang sebagai salah satu film asal Korea Selatan terbaik sepanjang masa, serta salah satu film terbaik di dekade 2010-an. Dengan penghasilan kotor lebih dari 160 juta dolar AS di seluruh dunia, film ini juga merupakan salah satu film paling sukses secara komersial di Korea Selatan.
TRAILER

Di antara lebih dari 180 penghargaan yang diterima, Parasite telah memenangkan empat penghargaan dalam 92nd Academy Awards, termasuk Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Skenario Asli Terbaik, dan Film Internasional Terbaik. Film ini merupakan film pertama asal Korea Selatan yang mendapat nominasi Academy Award, begitu pula film berbahasa non-Inggris pertama yang memenangkan Film Terbaik. Dalam Golden Globe Awards ke-77, film ini meraih Film Berbahasa Asing Terbaik. Film ini juga mendapatkan empat nominasi dalam British Academy Film Awards ke-73, dengan memenangkan Film Tidak dalam Bahasa Inggris Terbaik dan Skenario Asli Terbaik. Film ini juga menjadi film berbahasa non-Inggris pertama yang memenangkan Screen Actors Guild Award untuk kategori Pemeran dengan Penampilan Luar Biasa dalam Film.

loading...
sumber: Wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Detective Conan Season 28

  Musim kedua puluh delapan dari anime Case Closed disutradarai oleh Kenji Kodama dan Yasuichiro Yamamoto dan diproduksi oleh TMS Entertainm...