Minggu, 15 September 2019

Tips Verifikasi Pin Google AdSense

Bagi yang belum tahu soal Google AdSense, berikut pengertian Google AdSense yang saya kutip dari Wikipedia:
AdSense adalah program kerjasama periklanan melalui media Internet yang diselenggarakan oleh Google. Melalui program periklanan AdSense, pemilik situs web atau blog yang telah mendaftar dan disetujui keanggotaannya diperbolehkan memasang unit iklan yang bentuk dan materinya telah ditentukan oleh Google di halaman web mereka. Pemilik situs web atau blog akan mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan dari Google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung situs, yang dikenal sebagai sistem pay per click (ppc) atau bayar per klik.

Di Indonesia juga terdapat situs penyedia kerjasama periklanan seperti Google AdSense  ini misalnya, kumpul blogger, klik saya, dan lainnya. Tapi sayang beberapa situs tersebut banyak yang tutup atau bahkan di review beberapa blogger bahwa situs tersebut melakukan penipuan karena tidak mentransfer upah bagi para publisher yang telah mendapatkan upah dari hasilnya di situs tersebut.

Kembali ke Google AdSense, PIN google adsense yang saya maksud ini dikirim oleh pihak Google ketika penghasilan publisher sudah mencapai batas minimum, yaitu $10. PIN tersebut akan dikirim melalui surat via POS ke alamat yang terdaftar di akun google adsense kita.

Berikut contoh penampakan surat cinta dari Google Adsense:



Tapi sayangnya, terdapat beberapa kasus ( yang saya alami juga ), surat cinta dari Google itu tidak sampai ke alamat kita. Kalau kita nekat menanyakan ke Kantor POS terdekat, pasti kita ditanya nomor resi pengiriman surat tersebut. Nah . . . kita juga kan nggak tahu nomor resi surat cinta yang dikirim oleh Google AdSense tersebut.

Eits . . . tidak perlu panik, ada cara lain untuk verifikasi PIN Google Adsense, tanpa harus menunggu surat cinta tersebut kita terima. Berikut caranya  . . .

  1. Jika penghasilan kita di Google AdSense sudah melebihi $10, surat berisi PIN tersebut akan otomatis dikirim oleh pihak Google AdSense.
  2. Tunggu sampai 2 minggu, jika surat belum kita terima, kita minta (request) ulang pengiriman surat PIN tersebut. Dan pastikan alamat yang kita cantumkan di kontak akun Google AdSense kita sudah sesuai dengan alamat kita.
  3. Jika surat kedua ini belum juga kita terima, tunggu 2 minggu lagi  . . . kita request ulang lagi . . .
  4. Nah . . . untuk surat yang ketiga kali ini, jika belum juga kita terima. Kita bisa melakukan verifikasi PIN dengan mengirimkan scan kartu tanda penduduk kita yang sesuai dengan akun yang kita daftarkan di Google AdSense tadi. Tapi untuk melakukan langkah ini, kita harus menunggu 30 hari sejak surat yang ketiga tadi dikirim. Jika sudah lebih dari 30 hari, surat juga tak kunjung tiba, lakukan scan KTP atau identitas kita yang valid pastinya (bisa menggunakan SIM), kemudian upload ke halaman Google Adsense kita. Jika tidak ada mesin untuk scan, kita foto saja identitas kita menggunakan Handphone yang kita punya. Yang penting hasilnya terlihat jelas.
  5. Untuk proses verifikasi menggunakan scan identitas ini tidak perlu menunggu waktu yang lama, hanya cukup 1-2 x 24 jam untuk proses verifikasinya. Pengalaman ane sendiri, proses verifikasi hanya butuh beberapa menit.
Jika belum jelas, silahkan simak video penjelasan orang yang tersesat berikut ini: ^_^

Mungkin sudah banyak artikel atau video yang menjalaskan mengenai hal ini . . .
ikutan aja ye . .  semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Detective Conan Season 28

  Musim kedua puluh delapan dari anime Case Closed disutradarai oleh Kenji Kodama dan Yasuichiro Yamamoto dan diproduksi oleh TMS Entertainm...