Jumat, 25 Oktober 2019

Cara Merubah Format Video Menggunakan VLC Media Player

Format file video sendiri, adalah sebuah format file video yang membagi file dalam beberapa kategori, tergantung perangkat perekam dan pemutarnya. Yang sering kita ketahui, jenis format file untuk video antara lain seperti FLV, MP4, AVI, MKV, 3GP, DVD, serta VCD serta masih banyak file Video yang lain. Dan sayangnya, ada beberapa media player yang tidak bisa membaca salah satu format file video tersebut.
Nah, agar kita bisa membuka file video dengan format tertentu menggunakan media player yang kita miliki, kita harus merubah format file video tersebut menjadi format yang dapat dibaca oleh media player kita. Sebagai contoh, kita akan merubah file video dengan format MKV menjadi format MP4.
Untuk melakukan proses convert file video, kita bisa menggunakan banyak aplikasi yang dapat kita cari di Internet. Untuk kesempatan kali ini, saya akan memberikan langkah-langkah merubah format file Video menggunakan aplikasi VLC Media Player.

  1. Download dan install terlebih dulu aplikasi VLC Media Player.
  2. Buka aplikasinya, kemudian klik Media di sebelah kiri atas, kemudian pilih Convert / Save. Bisa juga dengan menggunakan shorcut tombol Ctrl + R.
  3. Setelah muncul jendela baru, klik Add untuk menambahkan file video yang akan kita rubah. Setelah itu klik Convert / Save.
  4. Di menu selanjutnya, kita pilih format output hasil convert yang akan dilakukan. Kemudian klik browse untuk menentukan folder tempat menyimpan dan nama file hasil convert yang akan kita lakukan.
  5. Langkah terakhir, klik Start dan tunggu proses convert sampaai 100%.
Untuk lebih jelasnya, silahkan simak video di bawah ini:


Selesai . . . semoga bermanfaat ^_^
**Sekedar info, aplikasi VLC media player juga dapat merubah file video menjadi file MP3.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Detective Conan Season 28

  Musim kedua puluh delapan dari anime Case Closed disutradarai oleh Kenji Kodama dan Yasuichiro Yamamoto dan diproduksi oleh TMS Entertainm...