Selasa, 28 Mei 2019

Suspiria (2018)

Suspiria (Latin: [sʊsˈpɪria]terj. har. "desahan") merupakan film horor tahun 2018 yang disutradarai oleh Luca Guadagnino. Film ini terilhami dari film berjudul sama tahun 1977 yang disutradarai oleh Dario Argento. Film ini dibintangi Dakota Johnson yang berperan sebagai wanita Amerika yang mendaftar ke akademi dansa yang prestisius yang dikelola sekumpulan penyihir di Berlin pada 1977. Tilda Swinton berperan menjadi tiga tokoh yang berbeda, termasuk berperan sebagai kepala koreografer di perusahaan serta ahli psikoterapi yang memiliki hubungan dengan akademi dansa itu. Mia Goth dan Chloë Grace Moretz tampil sebagai peran pendukung sebagai siswi akademi, manakala Angela WinklerRenée SoutendijkIngrid Caven, dan Sylvie Testud (antara lain) berperan sebagai ibu asrama akademi dansa. Bintang film aslinya Jessica Harper menjadi cameo dalam film ini.
Rencana berupa sebuah pembuatan ulang dari Suspiriadiumumkan pertama kali pada 2008 setelah Luca mendapat izin dari penulis film aslinya, Argento dan Daria Nicolodi. Luca menawarkan sebuah proyek kepada sutradara David Gordon Green, tetapi batal karena konflik keuangan. Pada September 2015, Luca mengonfirmasi rencananya untuk menyutradarai film ini yang dideskripsikan sebagai "penghormatan" kepada film 1977 alih-alih pembuatan ulang langsung. Adegan layar film ini disusun oleh David Kajganich, yang menjadi penulis di film sebelumnya karya Luca A Bigger Splash (2015). David membuat film ini berlatarkan Musim Gugur Jerman 1977 untuk mengeksplorasi tema rasa bersalah turun-temurun di Jerman selama Perang Dingin. Selain itu, film ini berfokus pada tema keibuan, setan, dan dinamika matriarki.
Tidak seperti film aslinya yang menggunakan warna-warna yang berlebihan, Luca membayangkan Suspiria sebagai visual "yang terasa musim dingin" dan suram lagi tak memiliki warna primer. Film ini menggabungkan serangkaian tari bergaya koreografi oleh Damien Jalet, yang merupakan bagian dari representasi dari santet. Pengambilan gambar utama berlangsung pada akhir 2016 dan awal 2017 di Varese dan Berlin. Skor musik disusun oleh penyanyi Radiohead Thom Yorke, yang mengambil ilham dari krautrock yang dibuat sekitar waktu setting film.
Suspiria ditayangkan pada Festival Film Internasional Venice ke-75 pada tanggal 1 September 2018. Amazon Studios memberikannya sebuah rilis terbatas di Los Angeles dan New York pada 26 Oktober 2018, di mana ia meraup $ 180.000 lebih pada akhir pekan pembukaannya, menandai rata-rata layar tertinggi peluncuran box office tahun ini.  Film ini menerima pemutaran Halloween di kota-kota AS terpilih sebelum dibuka lebar pada 2 November 2018. Tanggapan kritis terhadap film ini telah terpolarisasi,  dengan beberapa memuji unsur-unsur visual dan pertunjukan, sementara yang lain telah menganggap historisnya- pengaturan politik yang tidak perlu atau sewenang-wenang dalam kaitannya dengan tema lainnya. Film ini dirilis di Italia pada 1 Januari 2019.
Trailer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Detective Conan Season 28

  Musim kedua puluh delapan dari anime Case Closed disutradarai oleh Kenji Kodama dan Yasuichiro Yamamoto dan diproduksi oleh TMS Entertainm...