Kamis, 07 Juni 2018

Mencegah Bakal Buah Nangka Yang Membusuk

Mencegah membusuknya bakal buah nangka. Membusuknya bakal buah nangka memang sering terjadi. Ini juga yang saya temui di pohon nangka depan rumah ane. Berkali-kali tumbuh bunga, keluar bakal buah nangkanya . . . eeh . . baru berukuran sejari tangan, pasti langsung berubah warna jadi hitam alias membusuk -_-
Gambarnya seperti di bawah ini
Berkali-kali muncul bakal buah tapi semuanya berakhir seperti foto di atas. Ane pikir mungkin buah nangka yang kekurangan sinar matahari atau bagaimana, sempat ada pikiran mau memangkas pohon nangka itu sekalian (sangking pegele cak wkwkwk).

Tapi tanpa disangka, muncul sedikit pencerahan, he he he . . .
Saat ane menyiram beberapa sarang semut di dekat pohon nangka, keluar makhluk yang tak disangka dari dekat bunga pohon nangka tersebut. Yess . . .  makhluk tersebut adalah seekor kupu kecil atau sering disebut kaper dalam bahasa jawanya.


Setelah ane teliti dengan seksama, disekitar bakal buah nangka terdapat bintik-bintik putih yang menempel di bunga, daun ataupun bakal buah nangka tersebut. Yup, mungkin itulah turunan dari makhluk yang ane sebut kaper tadi wkwkwkwk.

Langsung uji coba, menyemprot air yang sudah saya campur kututox (obat kutu yang sering saya pake untuk mencegah kutu yang ada di burung peliharaan ane) dan alhamdulillah hasilnya kaper beserta klan nya yang berwarna putih menempel di buah nangka tersebut segera berhamburan. Yesss . . . dalam beberapa hari, ane pantau buah nangka sedikit demi sedikit mulai membesar. Dan muncullah sedikit harapan bisa memanen buah nangka tahun ini wkwkwkwk 

Semoga bermanfaat gaes . . . 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Detective Conan Season 28

  Musim kedua puluh delapan dari anime Case Closed disutradarai oleh Kenji Kodama dan Yasuichiro Yamamoto dan diproduksi oleh TMS Entertainm...